Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Sifat dan Jenis Kayu Jati Sehingga Banyak Disukai Untuk Bahan Mebel

Jati merupakan kayu yang berkualitas tinggi, pohonnya memiliki ciri-ciri batangnya besar, lurus, tingginya mencapai 30-40 meter, berdaun besar yang biasanya gugur saat musim kemarau.
Dengan sifat-sifatnya, kayu jati sangat disukai untuk bahan mebel. Mulai dari meja, kursi, tempat tidur, dan lain sebagainya.

Lalu apa saja sih sifat kayu jati yang disukai untuk bahan mebel...??

1. Batang yang kuat
Sifat yang pertama adalah batangnya kuat. Tentu saja kekuatan adalah hal utama yang dicari agar mebel awet dan tidak mudah rusak. Kekuatan kayu jati bisa dibilang sangat luar biasa, bahkan mebel yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan berpuluh-puluh tahun lamanya.

2. Tidak mudah lapuk
Yang kedua adalah tidak mudah lapuk. Mengapa kayu jati tidak mudah lapuk?, Hal ini dikarenakan kayu jati memiliki kerapatan yang sangat tinggi, tahan terhadap perubahan cuaca, dan tidak disukai oleh rayap ataupun serangga perusak kayu lainnya dikarenakan kandungan minyak dalam kayu jati.
Hal ini membuat kayu jati sangat disukai untuk bahan mebel, karena jika kayu yang digunakan mudah lapuk tentunya akan memperpendek umur mebel tersebut. Sedangkan konsumen ingin mebel yang awet sehingga terhindar dari pemborosan.

3. Kayunya memiliki alur yang indah
Tidak hanya dilihat dari sisi kekuatan yang luar biasa, kayu jati juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Dengan bentuk alur yang indah, tentunya akan menghasilkan mebel yang juga memiliki keindahan.

Menurut sifatnya, kayu jati memiliki beberapa jenis, diantaranya :
1. Jati lengo/jati malam. Cirinya berwarna gelap, terdapat banyak bercak, dan bergaris
2. Jati sungu. Memiliki ciri-ciri berwarna hitam, padat, dan bobotnya lebih berat.
3. Jati werut. Ciri-cirinya kayunya lebih keras dan memiliki serat berombak.
4. Jati doreng. Memiliki ciri kayu yang sangat keras, dengan loreng-loreng hitam menyala yang membuatnya menjadi sangat indah.
5. Jati kapur. Kayunya memiliki warna agak keputihan dikarenakan banyak mengandung kapur, dibandingkan lainnya kayu ini terbilang kurang kuat dan kurang awet.
5. Jati kembang.

Itu diatas merupakan alasan kayu jati banyak disukai untuk membuat mebel. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke orang lain dengan cara memilih klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

5 komentar untuk "Inilah Sifat dan Jenis Kayu Jati Sehingga Banyak Disukai Untuk Bahan Mebel"

  1. owh gitu ya mas.. pantesan kok kayu jati mahal. tapi memang kayu jati menjadi pilihan terbaim sih.. mantap informasinya🙏

    BalasHapus
  2. Ooo jadi karena kualitas kayu jati yang sangat baik ini, harga kayu jati dipasaran cukup mahal.

    BalasHapus
  3. Baru tahu ternyata pohon jati memiliki banyak jenisnya. Terimakasih infonya

    BalasHapus
  4. Kalau soal kayu jati, memang paling baik gan jika furniture rumah yang digunakan berbahan kayu jati.

    Ya karena menurut Saya juga selain kokoh, awet, dan juga punya kesan tersendiri

    BalasHapus
  5. Ibu sy seneng bgt beli mebeul bahan kayu jati.. Tp dia tuh kalo udah kebentur kepala pasti sakit bgt haha.. Mantap mas artikelnya 👍

    BalasHapus