Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGHITUNG RAB RUMAH PERUMAHAN TERBARU DAN EXCEL RAB TERUPDATE


Rencana Anggaran Biaya adalah perhitungan segala pengeluaran yang diukur dalam satuan uang yang akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu.
Dalam dunia konstruksi, RAB adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perkiraan biaya yang akan digunakan untuk merealisasikan proyek konstruksi.

Dalam RAB ini kita membagikan cara menghitung dan kalian pun bisa mendownload excel RAB yang saya sediakan. RAB yang saya bagikan bisa untuk menghitung anggaran biaya rumah tinggal ataupun perumahan.
Saat kita merencanakan membangun perumahan pun kita harus mempersiapkan rencana anggaran biayanya. Di sini kita hanya menghitung rencana anggaran biaya untuk rumahnya saja, belum termasuk perhitungan jalan, taman, dan sarana publik.
Berikut ini hal yang dibutuhkan untuk menghitung RAB rumah atapun perumahan.

MUNGKIN KAMU PERLU INI JUGA : DOWNLOAD GAMBAR BESTEK RUMAH 2 LANTAI

1. Backup Data
Di sini kita menghitung luasan atau volume pekerjaan. Misalnya pada rumah type 36/60 berapa volume galiannya, berapa volume urugannya, berapa volume pondasi batu kali, dan seterusnya sampai pekerjaan atap. Perhitungan lengkapnya sudah saya sediakan di link downloadnya.

2. Perhitungan Tulangan
Pada perhitungan tulangan kita akan menghitung kebutuhan besi yang dibutuhkan. Misalnya untuk rumah type 36/60 kita membutuhkan besi untuk sloof 200kg, besi untuk kolom 50kg, sampai menghitung kebutuhan besi untuk ringbalk dan besi untuk dak atau topi-topi.
Di sini kita juga menghitung kebutuhan Beton dan Bekisting yang dibutuhkan untuk membuat sloof, kolom, ringbalk, dan dak.

3. Bahan dan Upah
Untuk menentukan harga bahan dan upah, sebaiknya kita melakukan survey langsung ke toko-toko bangunan terdekat. Hal ini dilakukan agar harga yang kita input tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

4. Analisa Harga Satuan Pekerjaan
Di bagian ini kita menghitung biaya yang diperlukan per-sub pekerjaan. Misalnya kita membutuhkan biaya pembersihan lahan per meter perseginya Rp. 11.000,- , nah di bagian analisa ini semua sub pekerjaan akan dihitung biayanya.

5. RAB
Setelah kita menghitung Backup Data, Perhitungan tulagan, dan Analisa harga satuan pekerjaan, pada bagian RAB kita tinggal mengalikan perhitungan volume di Backup data dengan Analisa harga satuan. Maka kita akan mendapatkan biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan rumah yang kita rencanakan.

6. Rekapitulasi biaya keseluruhan
Setelah kita mendapatkan biaya yang dibutuhkan per sub pekerjaan di RAB, sekarang kita tinggal menjumlahkan semua biaya per sub tadi. Di sini kita dapat mengetahui berapa biaya keseluruhan untuk pembuatan rumah.

7. Kurva S
Pada bagian excel yang saya bagikan di bawah sudah saya tambahkan kurva S. Kurva S berguna untuk mengontrol pelaksanaan pekerjaan sehingga kita dapat mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan rumah serta perubahan-perubahan yang terjadi pada saat pembangunan dapat kita kontrol.

8. Tambahan Untuk Perhitungan Perumahan
Jika kalian berencana menghitung untuk perumahan, pada RAB ini sudah saya tambahkan bagian perhitungan laba untuk keseluruhan pembangunan perumahan. Jika kalian hanya menghitung biaya rumah tinggal saja, bagian ini bisa diabaikan atau dihapus saja.

DOWNLOAD SOFTCOPY RAB MELALUI LINK DI BAWAH INI

21 komentar untuk "CARA MENGHITUNG RAB RUMAH PERUMAHAN TERBARU DAN EXCEL RAB TERUPDATE"

  1. Jazakallahu khairan.. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Mkasih buanyak bang...sangat sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. keren... mkasih banyak, ini sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  4. Maturnuwun Mas, migio berkah ya, jadi amal jariyah untuk mas'nya. Aamiiin...

    Sangat bermanfaat.
    Salam dari Kebumen

    BalasHapus
  5. Gak bisa di download
    Mohon yg baik hati yg bisa download mohon di share ke email sy. Terima kasih. Semoga berkah

    BalasHapus
  6. Mantap.. Selalu berbagi ilmu... Trimkasih..

    BalasHapus
  7. Terimakasih, InsyaAllah sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Wah ini mah sih udah tingkat lanjut, salut sih sama pengalaman penulis :D

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya lengkap sekali, membantu banget

    BalasHapus
  10. mantap kak, sangat berguna sekali informasinya.. saya juga lagi nyari informasi seputar rab🙏

    BalasHapus
  11. Sangat sangat bermanfaat, terimakasih kak

    BalasHapus