Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil


Akhir-akhir ini teknik sipil menjadi prodi favorit hampir di semua perguruan tinggi di Indonesia. Tak heran jika lulusan sekolah menengah atas atau sederajat ingin melanjutkan studinya di teknik sipil.
Berikut ini prospek kerja lulusan teknik sipil :

1. Konsultan/kontraktor konstruksi bangunan
Lulusan teknik sipil bisa bekerja di bidang pembangunan konstruksi. Contoh posisinya sebagai structural engineer, site engineer, drafter, dan estimator.

2. Program atau proyek pembangunan
Mahasiswa teknik sipil kelak dapat bekerja dalam sebuah rencana pembangunan. Misalnya jalan raya, jalan tol, jembatan, rumah sakit, bendungan, dan lain-lain. Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang menggencarkan pembangunan, jadi menjadi mahasiswa teknik sipil dan kelak turut berkarir pada bidang pembangunan fasilitas merupakan suatu peluang yang baik.

3. Insinyur konstruksi
Seorang insinyur konstruksi bertanggung jawab akan desain, manajemen dan supervise dari berbagai proyek konstruksi, baik itu merupakan proyek bangunan, jalan, jembatan, perairan, sistem pembuangan, dan lain sebagainya.

4. Insinyur struktur
Pada umumnya seorang insinyur struktur bertindak sebagai konsultan bagi para arsitek dan kontraktor. Setelah seorang arsitek selesai merencanakan bangunan, insinyur struktur akan membuat sejumlah hitungan dan estimasi, seperti bahan bangunan apa yang digunakan, mengestimasi daya tahan bahan bamgunan (misalnya pada cuaca ekstrim seperti musim salju dan musim panas), kemudian berdiskusi dengan anggota tim lainnya, misalnya insinyur bahan bangunan danahli lingkungan. Insinyur struktur juga menangani perobohan bangunan, atau pemeliharaan bangunan, sewaktu dan setelah bangunan selesai dibangun, insinyur struktur akan mengunjungi lapangan untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan prosedur dan tahapan yang telah ditentukan.

5. Surveyor kontrol bangunan
Tanggung jawab dari profesi ini adalah memastikan semua proyek bangunan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku. Menguji ketahanan pondasi, bahan bangunan, drainase, dan inspeksi lainnya juga merupakan tanggung jawab dari surveyor kontrol bangunan.
Jika suatu proyek ternyata tidak memenuhi peraturan dan hukum yang berlaku, maka surveyor kontrol bangunan perlu memberikan solusi, dengan mempertimbangkan anggaran dan penundaan yang mungkin terjadi.
Mereka juga akan diminta untuk mensurvei bangunan yang rusak akibat bencana alam, dan memberikan solusi bagaimana cara untuk memperbaikimya.

Itulah beberapa prospek kerja lulusan teknik sipil, semua nantinya anda yang akan menentukan kemana anda akan melangkah. Tetap semangat dan terus berusaha.

Posting Komentar untuk "Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil"