7 TIPE BAHAN TAMBAH KIMIA PADA BETON (ADMIXTURE)


Berdasarkan ASTM C 494 serta Pedoman beton 1989 SKBI 1.4.53.1989. Jenis bahan tambah kimia pada beton deibedakan menjadi tujuh tipe bahan tambah.
7 Tipe tersebut yaitu :

1. TIPE A "WATER REDUCING ADMIXTURES"
Bahan tambah yang berfungsi mengurangi air pencampur yang dibutuhkan untuk membuat beton dengan konsistensi tertentu.
Bisa digunakan antara lain :
- Tidak mengurangi kadar semen dan nilai slump, dengan faktor air semen (FAS) yang rendah. Mengurangi FAS berarti meningkatkan kuat tekan.
- Tidak merubah kadar semen yang digunakan dengan FAS tetap maka nilai slump yang dihasilkan dapat lebih tinggi. Slump tinggi berarti memudahkan penuangan adukan atau waktu penuangan dapat diperlambat.
- Mengubah kadar semen tetapi tidak mengubah FAS dan slump. Mengurangi semen berarti mengurangi biaya.

2. TIPE B "RETARDING ADMIXTURE"
Berfungsi untuk menghambat waktu pengikatan beton, misal karena kondisi cuaca yang panas, memperpanjang waktu untuk pemadatan.

3. TIPE C "ACCELERATING ADMIXTURE"
Memiliki fungsi mempercepat pengikatan dan pengembangan kekuatan awal beton.

4. TIPE D "WATER REDUCING AND RETARDING ADMIXTURES"
- Berfungsi ganda sebagai pengurang jumlah air pencampur yang dibutuhkan untuk membuat beton dengan konsistensi tertentu dan menghambat pengikatan awal.
- Menambah kekuatan beton.
- Bahan ini akan mengurangi kandungan semen yang sebanding dengan pengurangan kandungan air.

5. TIPE E "WATER REDUCING AND ACCELERATING ADMIXTURES"
Berfungsi ganda sebagai pengurang jumlah air pencampur yang dibutuhkan untuk membuat beton dengan konsistensi tertentu dan menghambat pengikatan awal.

6. TIPE F "WATER REDUCING, HIGH RANGE ADMIXTURE"
Berfungsi ganda sebagai pengurang jumlah air pencampur yang dibutuhkan untuk membuat beton dengan konsistensi tertentu, sebanyak 12% atau lebih.

7. TIPE G "WATER REDUCING, HIGH RANGE RETARDING ADMIXTURES"
- Memiliki fungsi ganda sebagai pengurang jumlah air pencampur yang dibutuhkan untuk membuat beton dengan konsistensi tertentu, sebanyak 12% atau lebih dan juga sebagai bahan untuk memperlambat pengikatan beton.
- Biasanya dipakai saat kondisi pekerjaan yang sempit karena sedikitnya sumber daya yang bisa mengelola beton disebabkan keterbatasan ruang kerja.

Itulah 7 tipe bahan tambah kimia pada beton, jika merasa artikel ini bermanfaat silakan bagikan sebanyak-banyaknya hehe. Terima kasih.

2 Komentar untuk "7 TIPE BAHAN TAMBAH KIMIA PADA BETON (ADMIXTURE)"

  1. owalah.. mantap juga kak, ternyata ini ya bahan kimia di dalam beton.. berhubung saya pernah kerja di kontraktor. jadi saya harus memahami informasi seperti ini.. makasih infonya 🙏

    BalasHapus
  2. Meskipun saya kurang mengerti dengan bahan2 yg dituliskan tapi informasinya sangat bagus sekali terutama untuk pembuatan bahan beton

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel