Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Perencanaan Bangunan

Dalam merencanakan sebuah bangunan tentu saja kita harus memperhatikan hal-hal penting, Sebagai teknisi tentu tidak bisa asal-asalan dalam membangun. Jika perencanaan tidak diperhatikan, maka akan berakibat fatal bagi semua yang terlibat dalam pembangunan tersebut. Kerugian bagi pemilik dan petaka bagi penyusun proyek.
Oleh karena itu dalam perencanaan bangunan kita harus memperhatikan hal-hal penting yang harus ada. Dengan demikian perencana dan pemilik akan sama-sama diuntungkan. Berikut ini 4 hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan bangunan :

1. Estetika
Estetika adalah keindahan, jika bangunan yang kita rencanakan indah tentunya akan membuat pemilik senang. Keindahan tidak hanya dinilai dari aspek teknis dalam sebuah karya, namun apa yang sedang menjadi tren di masyarakat biasanya akan lebih menambah suatu keindahan bangunan. Misalnya dulu masyarakat di Jawa Tengah banyak membangun rumah dengan model joglo, memang pada saat itu yang sedang tren di masyarakat Jawa Tengah adalah model joglo. Namun jika joglo diaplikasikan pada bangunan baru tentunya akan membuat kesan kuno, karena tren masyarakat kini adalah minimalis. Karena itulah tren yang sedang populer juga mempengaruhi keindahan sebuah bangunan.

2. Fungsional
Fungsional adalah bangunan harus memiliki fungsi yang sesuai. Misalnya bangunan untuk rumah tinggal tentu saja berbeda dengan bangunan untuk sekolah. Pada bangunan rumah tinggal diantaranya membutuhkan ruangan-ruangan, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang tidur, kamar mandi,dll. Tentu hal ini berbeda dengan bangunan gedung sekolah yang membutuhkan area luas untuk belajar mengajar.

3. Struktural
Bagian-bagian bangunan yang terdiri dari pondasi, sloof, dinding, kolom, balok, kuda-kuda, dan atap. Struktural adalah bagian terpenting sebuah bangunan, tanpa struktur mana mungkin bangunan dapat berdiri kokoh. Pemilihan bahan bangunan yang berkualitas dan teknisi yang handal sangat mempengaruhi kekuatan struktur pada sebuah bangunan. Bahan bangunan yang berkualitas tentunya lebih tahan lama dan kekuatannya tak perlu diragukan. Namun kualitas bahan bangunan harus didampingi teknisi yang handal, yang dapat menghitung dan menganalisa kekuatan bangunan yang dihasilkan. Intinya kualitas bahan dan teknisi sangat mempengaruhi kekuatan struktur dari bangunan tersebut.

4. Ekonomis
Tentunya semua orang ingin harga rendah namun kualitas tetap tinggi. Ini yang harus perencana perhatikan. Namun dalam kenyataannya ada harga ada kualitas. Keduanya saling berhubungan dan tak dapat dipisahkan. Sebagai perencana, kita harus fokus memberikan yang terbaik. Jangan karena agar harga murah maka kualitas bahan bangunan dikurangi. Hal tersebut sangat berbahaya bagi pemilik, bisa saja dengan kualitas bahan yang buruk bangunan jadi mudah roboh. Berikan harga apa adanya dan tidak perlu mengurangi kualitas bahan bangunan agar tidak merugikan.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan bangunan. Hal-hal diatas saling berhubungan dan jangan coba-coba menguranginya. Estetika yang indah, Fungsi yang tepat, Struktur yang kuat, dan harga yang pas adalah kunci bangunan yang sempurna.

Posting Komentar untuk "4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Perencanaan Bangunan"