Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rancangan Yang Harus Dikuasai Mahasiswa Teknik Sipil

Mahasiswa teknik sipil tidak bisa jauh dari kata rancangan. Ya, karena sebagian pekerjaan teknik sipil berhubungan dengan merancang. Rancangan yang salah sedikit saja bisa menimbulkan akibat yang besar. Maka dari itu, mahasiswa teknik sipil harus menguasai dan memahami berbagai rancangan. Berikut ini merupakan rancangan yang harus dikuasai mahasiswa teknik sipil.

1. Rancangan anggaran biaya
Rencana Anggaran Biaya (RAB) ini sangat dibutuhkan di dunia kerja lulusan teknik sipil. Penyusunan Rencana Anggaran Biaya ini bertujuan untuk memperoleh estimasi biaya yang dibutuhkan suatu proyek. Tanpa RAB sebuah proyek tidak akan berjalan mulus, menimbulkan beberapa masalah diantaranya pembengkakan biaya dikarenakan pembelian material yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan, pengadaan peralatan yang tidak tepat, tidak bisa mengontrol upah pekerja, dan lain-lain.
Cara menyusun RAB :
- Menyiapkan gambar kerja
Sebelum kita mulai menghitung, kita harus tahu gambar kerjanya guna memastikan spesifikasi yang akan dipakai pada proyek.
- Menghitung volume pekerjaan
Setelah mengetahui apa saja yang perlu dihitung, selanjutnya kita menghitung volume pekerjaan. Volume pekerjaan dikali harga satuan pekerjaan maka akan diperoleh jumlah biaya pekerjaan.
- Membuat dan menentukan harga satuan pekerjaan
Untuk menentukan harga satuan pekerjaan, lebih baik kita melakukan survey terlebih dahulu. Jangan menggunakan harga-harga terdahulu, karena tentunya harga material setiap tahun mengalami kenaikan dan juga upah pekerja setiap tahun meningkat.
- Menghitung jumlah biaya pekerjaan
Langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah biaya pekerjaan. Volume pekerjaan dikalikan dengan harga satuan pekerjaan maka akan menghasilkan jumlah biaya pekerjaan.
- Menghitung jumlah total per sub pekerjaan
Langkah terakhir adalah menghitung jumlah total pada masing-masing sub pekerjaan.

2. Rancangan konstruksi geoteknik
Yang perlu dilakukan untuk merancang konstruksi geoteknik adalah melakukan penyelidikan tanah yang akan dibangun sebuah bagunan. Setelah mendapatkan datanya, selanjutnya kita merencanakan pondasi yang akan digunakan untuk bangunan tersebut. Penentuan pondasi harus sesuai dengan keadaan tanah, agar bangunan aman untuk digunakan.

3, Rancangan bangunan air
Perencanaan bangunan air misalnya irigasi, bendung, bendungan, dan lain-lain. Meliputi bagaimana cara agar mata air dapat disalurkan secara menyeluruh. Mulai dari pembangunan, perawatan, dan perbaikan.

4. Perencanaan jalan raya
Merencanakan pekerjaan konstruksi jalan meliputi perhitungan trase jalan, panjang jalan, dan kebutuhan material perencanaan jalan tersebut.

5. Perencanaan konstruksi gedung
Meliputi perhitungan analisa momen beton bertulang pada gedung 2 lantai atau lebih, perhitungan konstruksi yang digunakan untuk gedung agar gedung tetap dapat berdiri kokoh.

Demikian artikel tentang rancangan yang harus dikuasai mahasiswa teknik sipil. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian. Terima kasih..

Posting Komentar untuk "Rancangan Yang Harus Dikuasai Mahasiswa Teknik Sipil"