Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MEMAHAMI TINGKAT BUNGA NOMINAL DAN TINGKAT BUNGA EFEKTIF UNTUK BISNIS PROPERTY

MEMAHAMI TINGKAT BUNGA NOMINAL DAN TINGKAT BUNGA EFEKTIF UNTUK BISNIS PROPERTY

Apa Itu Suku Bunga Bank?
Suku bunga bank diartikan sebagai balas jasa yg diberikan bank terhadap nasabah yg membeli alias menjual produknya. Bunga juga bisa diartikan sebagai harga yg wajib dibayarkan oleh bank terhadap nasabah (yang mempunyai simpanan) serta harga yg wajib dibayar oleh nasabah terhadap bank (jika nasabah yg mendapatkan fasilitas pinjaman)

Tingkat Bunga Nominal
Tingkat bunga nominal yaitu menggandakan uang yg ada pada sebuah periode waktu ke periode waktu yg lebih banyak. Contohnya :
Uang Rp. 1000 dengan kondisi bunga (compound interest) sebagai berikut
1. Bunga 12%/tahun
2. Bunga 6%/semester
3. Bunga 1%/bulan
Dari ketiga kondisi bunga diatas, mana yang menghasilkan uang paling besar setahun kedepan?
Mari kita hitung dengan rumus F=P(1+i)^n
1. F12=1000(1+12%)^1 = Rp. 1.120
2. F12=1000(1+6%)^2 = Rp. 1.124
3. F12=1000(1+1%)^12 = Rp. 1.127

Jadi skema bunga ke-3 dengan proyeksi yang sama, namun menghasilkan lebih banyak daripada yang lain. Kalau kita sebagai pihak yang meminjam dana, maka kita pilih yang skema pertama. Namun, jika kira sebagai pihak yang meminjamkan atau berinvestasi, maka kita bisa memilih skema yang paling menguntungkan yaitu skema ketiga.
Kesimpulannya, dari ketiga kondisi diatas didapat kondisi ke-3 menghasilkan harga yang akan datang lebih besar dibanding kondisi yang lain. Maka dengan total periode yang sama (satu tahun) tetapi semakin sering ditingkatkan periodenya dengan tingkat bunga nominal, maka harga yang akan datang semakin besar.

Dengan hal ini bisa membuka persepsi kita bagaimana investasi ditanamkan. Banyak perhitungan-perhitungan yang bisa dilakukan, jadi kita harus benar-benar teliti.
Terutama jika kita mau melakukan usaha tapi menggunakan dana pihak perbankan misalnya, nah kita harus bedah konsep peminjamannya bagaimana, bunga per tahun berapa persen. Bunganya berlaku flat, turun, atau seperti apa, kita harus mengetahuinya, karena itu sangat mempengaruhi terhadap usaha yang akan anda lakukan. Jangan sampai anda salah memilih strateginya, karena itu bisa menjadi beban untuk usaha yang anda akan jalankan. Kalau salah memilih, bisa-bisa anda tidak mendapat apa-apa dari hasil usaha tersebut.
Hal tersebut berkesan sederhana, namun ini merupakan dasar untuk kita menganalisa suatu langkah-langkah kita dalam berinvestasi.

Tingkat Bunga Efektif
Tingkat bunga efektif adalah perbandingan antara bunga yg didapat dengan jumlah uang awal pada sebuah periode.
Tingkat bunga efektif = F-P/P
F-P = Bunga yang didapat selama satu periode
Contoh tingkat bunga efektif
Uang Rp. 1000 dengan bunga (Compound Interest) 1%/bulan maka selama satu tahun (12 bulan) menjadi
F12 = 1000(1+1%)^12   = Rp. 1.127
Tingkat bunga efektif = 1127-1000/1000
                = 12,7%/tahun.

Kalau kita lihat tingkat bunga efektifnya, Maka sebenarnya tingkat bunga nominal tadi itu ternyata ketemunya 12,7%/tahun bukan 12%/tahun.
Nah ini bedanya ketika 12% dibayarkan pertahun dengan 1% yang dibayarkan perbulan (sama-sama satu tahun). Ketika ditotal nominalkan, maka ternyata bunga efektifnya tidak 12% tapi menjadi 12,7%/tahun, berarti ada deviasi sebesar 0,7%/tahun. Kembali lagi, kalau investasinya besar ya 0,7% akan menjadi sangat besar.

Perbandingan tingkat bunga nominal dengan tingkat bunga efektif
Apabila tingkat bunga nominal diketahui, maka tingkat bunga efektif dapat dihitung :
I = e^r – 1
I= tingkat bunga efektif
r= tingkat bunga nominal
e= bilangan eksponen= 2,71828

Kesimpulan
Kesimpulannya tingkat bunga efektif selalu lebih besar bila dibandingkan dengan tingkat bunga nominal. Akan tampak jelas bila terjadi pada bunga yang besar, misal 50%/tahun.

Posting Komentar untuk "MEMAHAMI TINGKAT BUNGA NOMINAL DAN TINGKAT BUNGA EFEKTIF UNTUK BISNIS PROPERTY"